PENGERTIAN BELAJAR MENURUT PARA AHLI


 

Belajar menurut Akyas Azhari (2004: 122) adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan perilaku atau pribadi berdasarkan praktik atau pengalaman tertentu. Adapun ciri perubahan yang merubah perilaku belajar antara lain:

1.    Perubahan intensional dalam arti perubahan yang terjadi karena intensitas pengalaman, praktik atau latihan yang dilakukan secara sengaja.

2.    Perubahan yang menuju ke arah positif, dalam arti sesuai dengan yang diharapkan (normatif) atau kriteria keberhasilan (criteria of success) baik dipandang dari segi siswa, guru maupun lingkungan sosial.

3.    Perubahan yang efektif, dalam arti membawa pengaruh dan makna tertentu bagi siswa setidaknya sampai batas waktu tertentu.

Menurut Slameto (2010: 2) belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Menurut Sardiman A.M (1996: 22) belajar merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan, dengan serangkaian kegiatan. Misalnya dengan membaca, mengamati, mendengarkan, meniru dan lain sebagainya. Menurut Syaiful Bahri Djamarah (2008:13) belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotor. Kesimpulan yang dapat diambil dari beberapa pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

MA'RIFATULLAH, MA'RIFATUL ROSUL DAN TAKDIR

AKHLAK UKHUWAH DAN TASAMUH