PENGERTIAN BELAJAR MENURUT PARA AHLI
Belajar
menurut Akyas Azhari (2004: 122) adalah suatu proses usaha yang dilakukan
individu untuk memperoleh suatu perubahan perilaku atau pribadi berdasarkan
praktik atau pengalaman tertentu. Adapun ciri perubahan yang merubah perilaku
belajar antara lain:
1.
Perubahan intensional dalam arti perubahan yang terjadi
karena intensitas pengalaman, praktik atau
latihan yang dilakukan secara sengaja.
2.
Perubahan yang menuju ke arah positif, dalam arti sesuai
dengan yang diharapkan (normatif) atau kriteria keberhasilan (criteria
of success) baik dipandang dari segi siswa, guru maupun lingkungan sosial.
3.
Perubahan yang efektif, dalam arti membawa pengaruh dan
makna tertentu bagi siswa setidaknya sampai batas waktu tertentu.
Menurut
Slameto (2010: 2) belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang
untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan,
sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
Menurut Sardiman A.M (1996: 22) belajar merupakan perubahan tingkah laku atau
penampilan, dengan serangkaian kegiatan. Misalnya dengan membaca, mengamati,
mendengarkan, meniru dan lain sebagainya. Menurut Syaiful Bahri Djamarah
(2008:13) belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu
perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi
dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotor.
Kesimpulan yang dapat diambil dari beberapa pengertian di atas, bahwa pada
prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.
Komentar
Posting Komentar